BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di Era Globalisasi seperti ini, sudah banyak manusia yang bisa menggunakan internet. Bahkan anak-anak pun sudah banyak yang tahu bagaimana cara menggunakan internet. Sebenarnya internet bermula dari kegiatan penelitian yang dilakukan oleh departemen pertahanan amerika serikat.. Sejak itu internet digunakan secara meluas meski masih terbatas. Kemudaian baru pada tahun 1986 internet digunakan untuk umum, namun tidak semua bisa didgunakan untuk internet, namun komputer yang sejenis yang dapat digunakan untuk internet. Dalam menggunakan internetpun tidak langsung menggunakan. Mereka perlu melakukan instalasi perangkat jaringan. Oleh karena itu kita harus mempelajari marteri ini, agar kita bisa melakukan installasi perangkat jaringan. terutama melakukan installasi perangkat jaringan lokal.
1.2 Masalah
Dari uraian di atas kita dapat mengambil suatu permasalahan. Yaitu kita harus tahu bagaimana cara melakukan installasi perangkat jaringan lokal.
1.3 Tujuan
Tujuannya agar siswa mampu bagaimana cara menginstallasi jaringan lokal.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Jaringan komputer
Jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer yang saling bertukar data melalui media tertentu seperti kabel dll.jaringan komputer terbagi menjadi 5 jenis, diantaranya:
a. Local Area Network (LAN)
Jaringan yang menghubungkan komputer pada satu lokasi geografis atau gedung yang sama, dan terhubung melalui suatu media jaringan yaitu kabel. Ciri-cirinya adalah:
1. Bekerja di area geografis yang terbatas
2. Dapat digunakan multi-access hingga high-bandwith media
3. Administrasi dilakukan melalui administrasi lokal
4. Koneksi secara full-time dengan langsung
b. Wide Area Network
jaringan yang menghubungkan komputer atau jaringan lain dalam area geografis yang lebih luas (Negara/Benua) dan dihubungkan melalui jaringan telephon atau satelit. Ciri-cirinya adalah:
1. Bekerja di area geografis yang tidak terbatas
2. Dapat diakses melalui serial interface dengan kecepatan yang rendah
3. Koneksi secara full-time dan part-time
c. Storage Area Network
jaringan yang memiliki high-performance dan digunakan untuk komunikasi data antara server dan storage resources.
d. Metropolitan Area Network
jaringan yang memiliki ruang lingkup area metropolitan seperti kota. MAN biasanya berdiri dari dua atau lebih LAN dalam suatu area geografis.
e. Viritual Private Network
Viritual Private Network merupakan Private network yang di bangun dan di hubungkan di dalam atau melalui public network seperti global internet. Dengan Viritual Private Network, akses data ke jaringan pusat perusahaan dapat dilakukan melalui internet dengan cara membangun Secure Tunnel antara komputer Client VPN router di jaringan pusat perusahaan.
2.2 Protokol
Protokol adalah himpunan aturan-aturan yang memungkinkan komputer satu dapat berhubugan dengan komputer lain. Dipandang dari sudut komunikasi data ada beberapa protokol yang banyak digunakan pada jaringan komputer. diantaranya:
a. TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol)
protokol standar pada jaringan internet yang tidak tergantung pada jenis dan tipe komputer yang digunakan. Pada awalnya TCP/IP merupakan perlengkapan standard sistem operasi unix.
b. IPX/SPX (Internet Packet Exchange/SquencedPacket Exchange)
Protokol standar pada jaringan novel netware untuk mengatasi masalah internetworking pada jaringan PC. Singkatan internet pada IPX tidak ada hubungannya dengan definisi internet.
c. Apple Talk
Protocol ciptaan perusahaan apple komputer protocol standar pada jaringan dengan komputer mesin apple.
d. NetBIOS
NetBIOS digunakan dalam microsoft work group dengan metode peer to peer. protocol ini memberikan layanan pada session layer dan transport layer. Netbios tidak menyediakan format frame untuk kelebihan transmisi jaringan di karenakan adanya berbagai macam pembedaan implemetasi netbios.
e. DECNet (Digital’s comunication Network)
Mendukung ethernet style LAN dan baseband maupun broadband WAN terutama jalur private dan jalur public DEXNet menghubungkan PDP. VAX, PC, MAC dan workstation lainnya. Dalam filosofi DECNet, sebuah node harus dapat menjadi mesin pintar dan tidak sesederhana sebuah terminal seperti pada sistem lainnya.
f. PPP (Point-To-Point Protocol)
PPP adalah data link Protocol yang menyediakan akses dial-up melalui port serial. PPP dapat dijalankan pada beberapa Link Full-duplex dari POTS ke ISDN hingga jalur berkecepatan tinggi (T1,T3,dll).
2.3 Topologi
Topologi adalah gambaran hubungan antara komputer dalam LAN yang pada umumnya menggunakan media transmisi/koneksi kabel dan perangkat pendukung lainnya. Jenis-jenis topologi :
a. Topologi Bus
Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup. Dimana disepanjang kabel terdapat node-node koneksi. Keuntungan dari topologi ini adalah biaya murah, layout mudah, dan hemat kabel. Sedangkan kerugian dari topologi ini adalah sering terjadi hang, apabila terjadi kerusakan pada satu workstation maka workstation yang lain akan terganggu.
Gambar 2.1 Topologi BUS
b. Topologi cincin
Topologi cincin adalah topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node koneksi. Keuntungan dari topologi ini adalah kegagalan koneksi akibat gangguan media dapat teratasi lewat jalur lain dan sambungan point to point membuat transmission error dapat diperkecil. Sedangkan kergian dari topologi ini adalah transfer data menjadi lambat.
Gambar 2.2 Topologi Cincin
c. Topologi star
Karakteristik dari topologi jaringan ini adalah node (station) berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central mode (Hub/Switch). Keuntungan dari topologi ini adalah akses cepat, penambahan station mudah, kemudahan pemeliharaan, jumlah user dinamis. Sedangkan kekurangan dari topologi ini adalah bila traffic data cukup tinggi, maka semua komunikasi di tunda, dan koneksi akan di lanjutkan dengan cara random, apabila hub/switch mendeteksi tidak ada jalur yang sedang dipergunakan oleh node lain
Gambar 2.3 Topologi Star
d. Topologi Advance Star
Topologi ini adalah hasil pengembanagan dari topologi star.
Gambar 2.4 Topologi Advance Star
e. Topologi Tree
tidak semua stasiun mempunyai kedudukan yang sama. bisa saja yang stasiunnya lebih tinggi menguasai stasiun di bawahnya, sehingga jaringan sangat tergantung pada stasiun yang kedudukannya lebih tinggi dan kedudukan stasiun yang sama disebut peer topology.
Gambar 2.5 Topologi Tree
f. Topologi Mesh
Topologi jaringan ini merupakan hubungan antara sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan mesh. Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Disamping kurang ekonomis, juga dalam pengoprasiannya relati mahal.
Gambar 2.6 Topologi Mesh
BAB III
METODOLOGI
3.1 Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan dengan lancar. Para siswa TKJa maupun TKJb dikumpulkan menjadi satu untuk mendengarkan materi yang akan di sampaikan. Kemudian setelah materi selesai disampaikan, para siswa kembali ke kelasnya masing-masing untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh pembimbing.
3.2 Jenis Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan meliputi:
a. Mempelajari modul interaktif sekolah ;
b. Memperhatikan guru yang sedang menerangkan tentang jaringan komputer;
c. Membuat bagan tentang jaringan dengan menggunakan mindmapper;
d. Ujian tentang materi jaringan komputer;
e. Mendengarkan penjelsan guru tentang Bilangan biner, desimal, dan bilangan hexsa.
3.3 Waktu dan Tempat
Waktu dan tempat kegiatan :
Hari : Selasa-Sabtu
Tanggal : 21-23 Juli 2009
Waktu : 07.15 s/d 15.00
Tempat : Laboratorium Komputer SMKN 3 METRO.
3.4 Petunjuk Pelaksanaan
Petunjuk pelaksanaan kegiatan meliputi :
1. Berdoalah sebelum memulai kegiatan belajar;
2. Bacalah dan pahami petunjuk praktikum pada setiap lembar kegiatan.
3.5 Keselamatan Kerja
Keselamatan kerja meliputi :
1. Mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh;
2. Jangan memegang alat dengan tujuan yang tidak sesuai.
3.6 Alat dan Bahan
No Nama alat dan bahan Jumlah
1. PC lengkap 1 unit
2. Modul tentang jaringan 1 buah
Tabel 3.1 Alat dan Bahan
3.7 Langkah Kerja
3.7.1 Mengkonversikan Bilangan Biner Ke Bilangan Desimal.
Bilangan Biner: 1100011101. Cara mengkonversikan kedalam bentuk desimal:
512 256 128 64 32 16 8 4 2 1
* * * * * * * * * *
Biner 1 1 0 0 0 1 1 1 0 1
Desimal 512 256 0 0 0 16 8 4 0 1 797
Jadi hasil konversi dari 1100011101 adalah 797.
3.7.2 Mengkonversikan Bilangan Desimal Ke Bilangan Biner
Bilangan Desimal: 800. Cara mengkonversikan ke dalam bilangan biner
800 / 2 = 400 sisa 0 , 400 / 2 = 200 sisa 0 , 200 / 2 = 100 sisa 0 , 100 / 2 = 50 sisa 0 , 50 / 2 = 25 sisa 0 , 25 / 2 = 12 sisa 1 , 12 / 2 = 6 sisa 0 , 6 / 2 = 3 sisa 0 , 3 / 2 = 1 sisa 1. jadi bilangan biner dari 800 adalah 1100100000
3.7.3 Mengkonversikan Bilangan Biner Ke Bilangan Hexsa
Bilangan biner : 1011010110. cara mengkonversikan ke dalam bentuk hexsa 10 | 1101 | 0110 = 2 | 13 | 6 = 2D6 . 2D6 didapat dari
10 1101 0110
2+0 8+4+0+1 4+2
2 13 (D) 6
3.7.4 Mengkonversikan Bilangan Hexsa Ke Bilangan Biner
Bilangan hexsa : 6D3. cara mengkonversikan ke dalam bentuk biner 6 | D | 3 = 110 | 1101 | 0011 jadi bilangan binernya adalah 11011010011.
3.7.5 Mengkonversikan Bilangan Desimal Ke Bilangan Hexsa
Bilangan desimal : 691 cara mengkonversikan ke dalam bentuk hexsa 691/16= 43 sisa 3 , 43/16=2 sisa 11(B). jadi bilangan hexsanya adalah 2B3.
3.7.6 Mengkonversi Bilangan Hexsa Ke Bilangan Desimal
Bilangan hexsa : 5F4. cara mengkonversikan ke dalam bentuk desimal 5*162 + 15*161+ 4*160 = 1280+240+4=1524 jadi bilangan hexsa dari 5f4 adalah 1524.
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1. Hasil Yang Dicapai
Hasil yang telah dicapai sisiwa adalah :
1. Siswa mengerti apa itu jaringan komputer .
2. Siswa dapat mengkonversikan bilangan hxa, biner, dan desimal
4.2. Pembahasan
1. Faktor pendukung
a. Keadaan ruangan praktik yang nyaman.
2. Masalah yang Dihadapi
a. Masih kurang teliti dalam menghitunguntuk mengkonversikan bentuk bilangan ke bentuk bilangan lainnya.
BAB V
PENUTUP
5.1. Kesimpulan
Kesimpulan yang penyusun dapatkan dari kegiatan diatas adalah mengerti apa itu jaringan komputer dan penyusun juga mengerti bagaimana cara menkonversikan bilangan hexa, decimal, dan biner dengan baik dan benar.
5.2. Saran
1. Kepada teman–teman yang sedang belajar cobalah untuk serius agar materi yang diberikan bisa dipahami;
2. Kapada teman–teman diwaktu belajar jangan ribut agar gurunya tidak marah.
- Blogger Comment
- Facebook Comment
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
0 komentar:
Posting Komentar